Bagi yang sekarang baru memiliki Xbox 360 mungkin belum tahu kalo ada game lama bagus yang berjudul Blue Dragon. Yup, Blue Dragon adalah game bergenre JRPG hasil karya Mistwalker & Artoon yang diterbitkan oleh Microsoft Game Studios hanya di Xbox 360 pada tahun 2006 silam.
Blue Dragon dibuat berdasarkan desain dari sang kreator dari 5 seri pertama game  Final Fantasy, yaitu Hironobu Sakaguchi yang juga memimpin pembuatan game & menulis plot nya. Game ini juga adalah debut awal Mistwalker & judul pertama yg digarap Sakaguchi bersama Mistwalker diluar Square EnixArtwork Blue Dragon digarap oleh Akira Toriyama, sang artist legendaris kreator Dragon Ball & desainer karakter pada seri Dragon Quest & Chrono Trigger. Sedangkan musik nya digarap oleh Nobuo Oematsu, sang komposer legendaris yang menggarap musik pada seri Final Fantasy.
Rilis pertama game ini adalah di Jepang pada 7 Desember 2006, berupa standalone game maupun bagian dari bundle ekslusif Xbox 360 (yang terdiri dari 3 disc game dual layer, sebuah sistem Xbox 360 Core, 5 mini figure & faceplate Blue Dragon). Sedangkan rilis selanjutnya pada region Eropa pada 24 Agustus 2007 & Amerika Utara pada 28 Agustus 2007 hanya berupa disc game nya saja.
Game ini mengambil setting di sebuah open-world fiktif yang ceritanya berfokus pada 5 karakter protagonist bersahabat (Shu, Jiro, Kluke, Zola, & Marumaro) yang mejelajahi dunia untuk melawan Nene sang penguasa jahat dari Grand Kingdom. Dalam petualangannya, masing-masing dari karakter tersebut dibekali kekuatan magis berupa shadow dalam bentuk monster biru yang didapatkan setelah mereka menelan sebuah sphere misterius. Pemain nantinya juga akan bisa meningkatkan level, stats maupun skill tiap karakter seiring dengan progress game yang telah dijalani seperti pada umumnya game bergenre RPG.
Gameplay pada game ini tipikal genre JRPG murni yang memiliki ciri khas seputar ekplorasi & pertempuran bergaya turn-based. Pada saat eksplorasi, pemain hanya bisa mengendalikan karakter Shu, tetapi disaat battle pemain bisa mengendalikan semua karakter utama game. Progress permainan pada game bisa disimpan menggunakan save point pada beberapa tempat tertentu. Sedangkan untuk membantu navigasi pemain dalam menjelajah dunia game akan menggunakan world map maupun kompas. Pemain juga nanti dapat berpindah-pindah tempat secara cepat menggunakan warp device yang juga terdapat pada beberapa tempat tertentu yang lokasinya ditampilkan pada world map.
Blue Dragon adalah judul game pertama di Xbox 360 yang menggunakan multidisc dengan jumlah total 3 dual layer disc. Dipuji maupun dikritik atas adaptasinya terhadap elemen klasik RPG, sehingga secara keseluruhan game ini menerima resepsi cukup positif dengan skor rata2 77.48% di situs review Game Rankings. Sedangkan menurut kami, bisa dibilang game ini adalah masterpiece JRPG di Xbox 360, yang sangat sayang untuk dilewatkan tapi patut sekali untuk dikoleksi & dimainkan para fans RPG yang baru memiliki Xbox 360.
  • 0 Komentar SSX
  • Komentar Facebook
  • Komentar Disqus

Komentar Anda

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

comments powered by Disqus
 
Top