GRID Autosport adalah game racing yang dikembangkan oleh Codemasters & merupakan sekuel dari Grid 2. Game ini dirilis untuk Microsoft Windows, PS3 & Xbox 360 pada 24 Juni 2014. Fitur utama game ini adalah kembalinya in-car view & handling autentik dengan 100 rute pada 22 lokasi.

Seri GRID adalah spiritual successor dari seri TOCA Touring Car, & nuansa pada game GRID biasanya terasa seperti campuran antara seri Gran Tursimo dengan Project Gotham Racing dalam hal realisme & kompleksitas. Jadi bisa dibilang game ini bukanlah sebuah simulasi balap & bukan juga sebuah Arcade racing. Hal yang paling mencolok ketika anda mulai balapan pada game ini adalah handling yang terasa sangat real walaupun hanya dikendalikan dengan sebuah gamepad. Anda akan dituntut untuk menyetir mobil bagaikan sebuah balapan pada sebuah sirkuit, dimana sedikit saja salah perhitungan atau timing dalam memainkan gas, menginjak rem, atau mengambil tikungan akan berakibat fatal.
Pandangan kamera dalam mobil di Grid Autosport versi Xbox 360
Grafik pada game ini cukup memanjakan mata karena menggunakan engine EGO sama seperti prekuelnya. Seperti halnya game-game balap masa kini lainnya, tampilan maupun suara mesin dari semua jenis mobil yang ada pada game ini juga sudah mirip seperti aslinya. Kerusakan pada bodi mobil akibat tabrakan pun akan terlihat nyata, seperti serpihan logam & kaca yang beterbangan, serta bentuk bodi mobil yang penyok seperti aslinya. Sedangkan resolusi grafik Grid Autosport versi PS3 & Xbox 360 adalah murni 720p yang tampil cukup baik bila di upscale ke 1080p pada HDTV Full HD.
Salah satu fitur dari game Grid pertama yang kembali pada game ini adalah pandangan dalam mobil (in-car view/cockpit). Kedengarannya sih memang keren, tapi sayangnya pandangan ini justru satu-satunya fitur yang memberikan kesan kurang real pada game ini, karena seperti gambar statis yang dibungkus dengan efek blur. Selain fitur tersebut, game ini juga memiliki mode karir yang cukup panjang (yang bagi beberapa pemain justru bisa membuat bosan), AI lawan yang lebih baik, & pilihan mobil-mobil balap yang lebih banyak. 
Tampilan sebuah balapan pada Grid Autosport versi Xbox 360
Klasifikasi mobil akan dibagi jadi 5 kelompok utama, yaitu: Touring Cars, Endurance, Open Wheel, Tuner & Street. Dalam setiap kelompok tersebut akan dibagi lebih lagi jadi 3 tier dimana tier 1 adalah mobil yang paling lambat & tier 3 adalah mobil yang paling cepat. Jadi keseluruhannya total jumlah jenis mobil pada game ini adalah 78 mobil. Sedangkan trek balap pada game ini adalah sirkuit-sirkut balap ternama yang ada di dunia & sirkuit-sirkuit jalanan fiktif. Keseluruhannya pemain akan bisa balapan di 22 trek, yang masing-masing memiliki beberapa variasi. Kebanyakan trek akan memiliki setting siang & malam hari.
Bicara soalnya gameplay, game ini juga ternyata memiliki mode permainan multiplayer split screen, sebuah hal yang termasuk jarang kita temukan pada game-game balap masa kini. Selain itu terdapat mode permainan multiplayer online, dan tentunya mode single player career. Khusus untuk mode karir, game ini ternyata juga tidak memiliki pilihan untuk bisa kostumisasi mobil yang biasanya ada pada game-game balap simulasi. Jadi bagi anda yang suka game balap dengan nuansa yang real, game ini cukup cocok untuk anda mainkan. Tapi bila anda suka game balap yang lebih fun & bergaya arcade, game ini bukanlah pilihan tepat. Selamat mencoba.



  • 0 Komentar SSX
  • Komentar Facebook
  • Komentar Disqus

Komentar Anda

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

comments powered by Disqus
 
Top