CounterSpy adalah sebuah game Indie bergenre side-scrolling stealth yang dibuat Dynamighty & dipublikasikan oleh Sony Computer Entertainment. Game ini dirilis via PSN pada akhir Agustus 2014 ke PS3, PS4, & PS Vita, sebagai sebuah titel yang cross-buy & cross-save.

Cross-buy & cross-save berarti game ini bisa dibeli di PS3/PS4/PS Vita, serta bisa saling menggunakan save data dari versi lainnya. Sesuai dengan genre nya yang memiliki unsur stealth, game ini juga sepertinya dirilis secara diam-diam, yang membuatnya sedikit luput dari pantauan gamer. Untuk itulah Kami ingin mengulasnya.
Game ini bertemakan spionase di masa perang dingin antara blok imperialis dengan blok sosialis di era 1950 sampai dengan 1960 an. Pemain akan mengendalikan karakter utama game yang adalah seorang agen intelijen dari pihak ketiga dengan codename C.O.U.N.T.E.R. Dia akan melakukan infiltrasi ke dua blok berlawanan untuk melakukan sabotase & mencegah terjadinya perang nuklir diantara masing-masing blok yang berlawanan demi menjaga perdamaian dunia.
Agar tujuannya tercapai, C.O.U.N.T.E.R harus bisa menurunkan level status Devcon di tiap negara dari kedua blok yang berlawanan tersebut. Devcon merupakan istilah status siaga militer pada sebuah negara. Level paling rendah adalah 5, sedangkan level tertingginya adalah 1, dimana negara dengan status Devcon 1 itu sudah siap untuk menyerang lawan dengan peluncuran nuklir & sudah siap juga untuk berlindung dari serangan lawan.
Pergerakan C.O.U.N.T.E.R akan bisa berlari, mengendap-endap, bersembunyi, melompat, & bergelantungan di sebuah platform. Dia juga bisa menggunakan berbagai senjata api & serangan tangan untuk melumpuhkan lawannya baik secara diam-diam (stealth) maupun frontal. Karakter juga akan mengumpulkan beberapa item sebagai objektif misi atau untuk unlock senjata, serta bisa mendapatkan uang ditiap level yang bisa dipakai untuk keperluan "belanja spionase".
Grafik pada game adalah 2,5D yang dirender dengan teknik cell shading. Pandangan di tiap level pun fix scrolling dari sisi kiri terus sampai ke kanan sebuah level atau sebaliknya. Namun pandangan akan berubah pada beberapa aksi, seperti ketika C.O.U.N.T.E.R bersembunyi dibalik objek & memasuki ruangan rahasia. Menurut Kami efek grafis pada tiap level di game ini sudah cukup bagus & menarik dilihat, terutama efek filter seperti rekaman TV era 1950an yang sering memunculkan bintik-bintik putih di layar secara acak.
Secara keseluruhan game ini sudah dikemas dengan cukup bagus & tiap misinya bisa merangsang pemain untuk ingin menamatkan game. Walaupun menjelang rilisnya seperti tidak mendapatkan antisipasi yang besar dari para gamer, tapi menurut Kami game ini patut untuk dicoba. Resepsi dari beberapa situs pengulas pun cukup positif. Sekian ulasan singkat dari Kami & semoga bisa memberikan gambaran yang cukup jelas. "Happy Gaming!"

Link Demo PS3
  • 0 Komentar SSX
  • Komentar Facebook
  • Komentar Disqus

Komentar Anda

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

comments powered by Disqus
 
Top