The Last of Us adalah sebuah game action-adventure survival horror mahakarya Naughty Dog yang telah dipublikasikan Sony Computer Entertainment pada 14 Juni 2013 silam untuk PlayStation 3. Bila Anda  seorang gamer yang mempunyai selera bagus, maka wajib untuk mencoba game ini.

The Last of Us telah mendapatkan pujian kritikal untuk penulisan, voice acting, sound design, level design, musik & art direction-nya. Narasinya dipuji karena karakterisasi pada cerita, subtext, eksplorasi kondisi manusia, serta penggambaran dari karakter-karakter perempuan & LGBT-nya. Game ini juga telah dianggap oleh banyak kritikus sebagai salah satu video game terbaik sepanjang masa. Menerima lebih dari  200 penghargaan "Game of the Year" sehingga menjadikannya game yang paling dihargai dalam sejarah. Merupakan peluncuran game PS3 terbesar kedua pada 2013 (setelah GTA V), & menjual lebih dari 1,3 juta unit pada minggu pertamanya.
Story
Cerita pada single player campaign game ini dimulai pada suatu malam di Austin Texas pada tahun 2013, ketika Joel & anak perempuan satu-satunya Sarah hendak beristirahat di rumah, namun disaat itu pula lah wabah jamur mutan Cordycep mulai menyerang Amerika Serikat, yang dalam waktu singkat bisa merubah manusia yang menjadi host jamur tersebut menjadi monster kanibal. Joel, Sarah, & Tommy (adik kandung Joel) berusaha untuk lolos dari kekacauan yang mendadak tersebut. Sayangnya ketika mereka nyaris berhasil meloloskan diri, terjadi kehilangan salah satu di antara mereka yang menjadi duka sangat mendalam.
terjebak dalam kemacetan ketika berupaya untuk kabur dari kekacauan
Gameplay
Untuk mengalahkan musuh, pemain bisa menggunakan senjata jarak jauh (seperti senapan, shotgun, & busur panah), & senjata jarak dekat seperti pistol & revolver. Pemain juga bisa memakai senjata melee jarahan yang masa pakainya terbatas seperti pipa & tongkat baseball. Botol & bata bisa dilempar untuk mengalihkan perhatian, mengagetkan bahkan menyerang musuh. Senjata bisa di upgrade menggunakan kumpulan part pada sebuah workbench.
workbench
Sedangkan kemampuan fisik Joel seperti health bar & crafting speed, bisa di upgrade dengan mengumpulkan pil & tumbuhan penyembuh. Peralatan seperti health kit & botol molotov bisa ditemukan atau diracik dari kumpulan item termasuk rubbing alcohol, towels, & blades. Game ini tidak akan pause ketika karakter sedang crafting item atau swap senjata, sehingga pemain harus pandai mengatur timing secara efektif dalam sebuah pertempuran.
opsi skills pada game TLOU
Game juga memiliki saat tanpa pertempuran yang sering melibatkan percakapan antar karakter & pemecahan teka-teki sederhana agar dapat lanjut ke tujuan selanjutnya, seperti menggunakan papan yang terapung di permukaan air untuk mengantarkan Ellie ke tepian (karena Ellie tidak bisa berenang), menggunakan tangga atau tempat sampah untuk mencapai area yang lebih tinggi, & menggunakan papan panjang untuk menyeberangi gap diantara dua platform yang terpisah. Collectible items pada story mode, seperti nota, peta, & komik, bisa dijarah & dilihat pada menu backpack.
Sistem AI pada game ini disebut "Balance of Power". Sistem baru ini membuat musuh bereaksi secara realistis terhadap situasi tempur apa pun seperti mereka akan berlindung bila melihat karakter pemain, meminta bantuan bila mereka membutuhkannya, bahkan menggunakan kesempatan ketika posisi pemain lemah (seperti ketika pemain kehabisan amunisi, teralihkan perhatiannya, atau ketika diserang musuh lain). Sebaliknya di sisi pemain, Ellie mampu membantu Joel dengan melemparkan objek agar musuh kaget, memberitahu lokasi musuh bila Joel tidak bisa melihatnya (seperti saat ketika dia terpojok), & diparuh permainan Ellie akan bisa menggunakan pisau & pistol.
serangan Joel dibantu oleh Tess
ketika melakukan sensing, maka pemain bisa mengetahui posisi musuh pada radius terbatas
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.
  • 0 Komentar SSX
  • Komentar Facebook
  • Komentar Disqus

Komentar Anda

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

comments powered by Disqus
 
Top