LittleBigPlanet 3 adalah game puzzle-platformer yang dikembangkan Sumo Digital & dipublikasikan Sony Computer Entertaintment khusus untuk P3 & PS4. Telah dirilis ke Amerika Utara pada 18/11/2014 & merupakan judul ketiga dari seri utama game LittleBigPlanet.

Karakter utama pada serial game LittleBigPlanet (disingkat LBP) adalah Sackboy. Bentuknya seperti boneka kecil berbahan karung yang terbungkus sebuah resleting kecil. Sedangkan core mechanic dari serial game LBP adalah Play, Create, & Share. Sackboy bisa berlari, melompat, memegang & mendorong objek tertentu untuk menjelajahi lingkungan & menyelesaikan tantangan yang ada pada sebuah level game. Selain itu di serial game ini, pemain bisa menciptakan sebuah level game yang kemudian bisa untuk di share & digunakan pemain lain.
Di LBP3, Sackboy dipindahkan ke planet baru bernama Bunkum, sebuah surga kreatif dimana ide-ide segar selalu bermunculan di atas langit. Tanpa sengaja Sackboy telah membantu melepaskan 3 makhluk mitology yang disebut Titans yang berencana untuk menghancurkan Bunkum & merubah seorang pencipta yang paling tidak memiliki skill bernama Newton untuk menjadi monster ganas. Untuk mengembalikan keseimbangan, Sackboy akan membutuhkan pertolongan dari teman-teman barunya para pahlawan kuno Bunkum yang juga bisa dimainkan, yaitu ToggleOddSock, & Swoop. Masing-masing dari mereka memiliki kemampuan & kepribadian yang unik. 
Oddsock adalah karakter berkaki empat berwujud seperti anjing yang berlari lebih cepat daripada Sackboy & bisa melompati dinding. Swoop adalah karakter berwujud seperti burung yang dapat terbang bebas disekitar level, serta bisa mengangkut objek ringan & karakter. Sedangkan Big Toggle lebih besar & lebih berat daripada Sackboy yang bisa membebani platform atau menekan dataran. Dia juga bisa berubah jadi versi mini dirinya yang disebut Little Toggle, yang dapat berjalan cepat diatas air & bisa melewati ruangan yang sempit. Level creators pada game ini bisa memilih karakter mana yang ingin di switch pemain selama permainan. Sebagai tambahan, Sackboy kini memiliki kemampuan memanjat di objek tanaman yang memiliki tekstur seperti tali. Semua DLC packs dari LittleBigPlanet & LittleBigPlanet 2 bisa ditransfer ke LittleBigPlanet 3.
LittleBigPlanet 3 memperkenalkan beberapa power-ups baru, yang ketika dipakai akan memberikan para pemain kemampuan tambahan. Salah satunya adalah "Pumpinator", yaitu meledakkan udara agar bisa memindahkan objek ringan. Sebagai tambahan untuk power-ups standar, kreator kini bisa membuat power-up mereka dengan menggunakan Power-up Creator baru. Akan ada juga 70 tool baru, sebagai peningkatan dari tool yang ada pada 3 judul sebelumnya, yaitu  LittleBigPlanet, LittleBigPlanet 2 & LittleBigPlanet PS Vita.
Di game ini, pemain bisa memainkan level apa saja yang dibuat di LittleBigPlanet & LittleBigPlanet 2. Grafik pada versi PS4 game ini dirender dengan engine grafik & tekstur yang telah ditingkatkan pada resolusi 1080p. Sedangkan grafik versi PS3 dirender pada 720p. Tidak seperti game sebelumnya yang cuma bisa membuat sebuah level dengan 3 layers of depth, di game ini kreator bisa menggunakan 16 layer. Pemain kini dibatasi dengan "Dynamic Thermometer", atau berdasarkan sisa kapasitas hard drive pada sistem. Tapi pemain pun kini bisa memperpanjang level mereka agar bisa dimainkan lebih lama.
Sementara ini LBP3 telah mendapatkan skor agregat 80,45% dari Gamerankings berdasarkan 31 ulasan, sedangkan Metacritics memberikan skor agregat 79/100 berdasarkan 45 ulasan. Dari skor-skor tersebut berarti secara umum game ini masih cukup bagus sama seperti prekuelnya. Jadi bagi Anda yang ingin memainkan game bersama-sama teman atau keluarga, tidak ada salahnya mencoba game yang asyik ini.

Game Update
Agar game ini makin optimal, sebaiknya Anda juga menginstall game update nya =
LittleBigPlanet 3 PS3 BCUS98362 v01.01v01.02
Download semua link diatas, & paste ke root flashdisk format fat32. Pasang flashdisk tersebut ke PS3, lalu pilih opsi Install Package Files pada tab game - XMB
  • 0 Komentar SSX
  • Komentar Facebook
  • Komentar Disqus
comments powered by Disqus
 
Top