Assassin's Creed Rogue adalah judul ke 8 dari serial game action-adventure Assassin's Creed yang dikembangkan Ubisoft Sofia & dipublikasikan Ubisoft. Game ini telah dirilis di AS pada 11/112014, Australia pada 13/11/2014, & Eropa pada 14/11/2014, hanya untuk PlayStation 3 & Xbox 360.

Cerita pada game ini berlangsung selama peristiwa Perang Tujuh Tahun pada pertengahan abad 18, tentang aksi petualangan seorang Templar yang menjadi Assassin bernama Shay Patrick Cormac. Gameplay di game ini masih persis dengan sekuelnya Assassin's Creed IV: Black Flag, yaitu campuran unsur ship-based naval exploration dengan third-person land-based exploration. Sedangkan dunia pada Rogue merupakan campuran antara Assassin's Creed III (yang berkisar di kota New York) dengan Black Flag (lautan Atlantik Utara).
Penggunaan kapal laut seperti pada Black Flag akan kembali di game ini dimana pemain akan bisa mengendalikan kapal Morrigan milik Shay. Morrigan lebih ringkas dibandingkan dengan kapal Jackdaw milik Edward Kenway dari Black Flag, sehingga bisa dipakai untuk mengarungi sungai. Sedangkan fitur baru dalam game ini termasuk senjata kapal yang baru seperti bisa melepaskan minyak licin untuk dibakar & senjata Puckle, serta kemampuan musuh untuk menaiki MorrĂ­gan selama pertempuran antar kapal berlangsung. Misi diving ke dalam laut seperti pada Black Flag tidak ada di game ini yang lautannya adalah Atlantik Utara, dimana berenang bisa menyebabkan kesehatan pemain terkuras cepat karena dinginnya air .
Di game ini juga pemain bisa menggunakan senapan angin yang tidak bersuara untuk bertempur, jadi pemain bisa diam-diam melumpuhkan musuh dari jauh. Senapan angin dapat dilengkapi dengan berbagai proyektil yang berbeda, seperti petasan. Selain itu pemain juga dapat menggunakan peluncur granat (yang bisa meledakkan pecahan peluru & jenis pelor lainnya), & gas beracun (Shay bisa memakai masker agar tidak terkena efeknya). Hand to hand combat pada game ini telah sedikit diubah, dan sekarang serangan musuh dapat diatasi dengan timing, mirip dengan serial game Batman. Sedangkan Assassins musuh masih memiliki archetype yang mirip dengan game sebelumnya, yaitu bisa juga menggunakan skill karakter utama, seperti bersembunyi di semak-semak, berbaur dengan orang banyak, dan melakukan serangan udara terhadap pemain.
Grafik pada game ini masih menggunakan engine yang sama dengan Black Flag yaitu AnvilNext, yang bisa membuat grafik pada game ini terlihat cukup bagus di konsol last gen. Tapi sebagian besar model karakter NPC, objek bangunan, & tekstur pada game terkesan hasil copy paste dari yang ada di Black Flag. Kota New York yang ada pada game ini pun masih terlihat seperti kota New York yang ada pada game Assassin's Creed III. Jadi grafik pada game ini bisa dibilang adalah gabungan dari dua prekuel sebelumnya. Sama seperti prekuelnya, resolusi native grafik game ini juga adalah 720p alias HD, dengan jaggies yang telah diminimalisir dengan AA, sehingga hasil upscale nya ke HDTV full HD masih bisa enak dipandang.
Sebenarnya game ini tidak termasuk game yang sangat di nanti-nanti para gamer, karena proses pengembangannya selama ini terkesan di anak tirikan Ubisoft yang lebih fokus dengan Assassin's Creed Unity khusus konsol next gen & PC. Tapi value dari game ini menurut kami sangat worth sekali, karena secara umum justru terkesan lumayan bagus & ternyata cukup menyenangkan untuk dimainkan. Sampat saat ini pun Assassin's Creed Rogue secara umum telah mendapatkan resepsi yang positif dari situs pengulas agregatif seperti GameRankings & Metacritic, yang masing-masing memberikan versi PlayStation 3 76.37% berdasarkan 16 ulasan & 73/100 berdasarkan 29 ulasan. Sedangkan versi Xbox 360 mendapatkan 74.69% berdasarkan 18 ulasan & 73/100 berdasarkan 21 ulasan.
  • 0 Komentar SSX
  • Komentar Facebook
  • Komentar Disqus

Komentar Anda

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

comments powered by Disqus
 
Top