Bila Anda pemilik Xbox 360 yang mencari game strategi & simulasi dengan unsur manajemen & kontruksi maka game ini adalah pilihan tepat. Tropico 5 adalah seri game Tropico terbaru buatan Haemimont Games yang dipublikasikan Kalypso ke Xbox 360 pada 11 November 2014.

Sebelum dirilis ke Xbox 360, sebenarnya game ini juga telah dirilis lebih dulu ke platform Windows, Linux, & OS X. Sedangkan rilis untuk PS4 akan menyusul di akhir tahun ini. Platform yang tidak kebagian jatah rilis game ini adalah PS3, Wii U, & yang mengherankan Xbox One juga.
Gameplay
Gameplay pada single player campaign masih sama seperti prekuelnya dimana pemain akan menjadi seorang 'El Presidente' yang memimpin, membuat kebijakan-kebijakan yang berguna untuk memajukan rakyatnya atau demi kepentingannya sendiri, mengatur & membangun infrastruktur pada sebuah map (persis seperti pada seri game simulasi Sim City) untuk menyelesaikan objektif game. Beberapa tambahan baru pada Tropico 5 dari seri sebelumnya adalah = 4 era yang berlainan, bisa progress dari abad 19 ke abad 21, hadirnya anggota keluarga dinasti 'El Presidente' dalam sebuah campaign, & mode multiplayer bisa sampai 4 pemain. Fitur trading, research, renovationexploration pada game ini juga telah mengalami perombakan.
Plot
Cerita pada game ini akan dimulai dari fondasi sejarah pada era kolonial, era Perang Dunia I, era Perang Dingin sampai dengan era saat ini. 2 kubu superpower berubah-ubah pada setiap era, dari faksi Axis vs Sekutu, kubu AS vs Uni Soviet selama Perang Dingin, sampai dengan pembukaan rute perdagangan dengan Russia, Timur Tengah, China & Uni Eropa selama era runtuhnya Uni Soviet. Sebagai pemimpin di game ini, pemain akan bisa menentukan kemederkaan negaranya & membuat sebuah konstitusi penuh.
Grafik
Game ini tampil dengan pandangan top-down perspective, jadi pemain bisa melihat keseluruhan pulau seperti dari atas langit pulau tersebut. Grafik memiliki resolusi native 720p alias HD dan memiliki framerate yang terasa cukup nyaman untuk dimainkan. Pada versi Xbox 360, detil tekstur pada terrain/ dataran maupun bangunan kalau di zoom in sudah cukup terlihat jelas. Secara keseluruhan kualitas grafik pada game ini seperti efek perairan, daratan, kabut, dan sebagainya menurut Kami masih terlihat persis dengan Tropico 4 versi Xbox 360, mungkin karena masih menggunakan engine yang sama.
Bila bangunan ini sampai hancur maka kamu akan KALAH
Kesimpulan
Bila Anda ingin tau rasanya jadi seorang pemimpin, maka game ini adalah pilihan yang tepat, karena Anda akan belajar bagaimana cara memimpin sebuah revolusi & mengatur sebuah pulau atau negara. Bahkan game ini bisa sampai dilarang peredarannya di Thailand oleh pemerintahan junta militer yang kini berkuasa di Thailand dengan alasan alur cerita pada game Tropico 5 bisa mempengaruhi perdamaian & ketertiban di dalam negeri tersebut. Tapi Tropico tetaplah sebuah serial game yang lumayan terkenal asyiknya oleh penggila game simulasi kontruksi terutama di platform Windows. Resepsi Tropico 5 pun cukup baik karena mendapatkan 75,24 % berdasarkan 34 ulasan di GameRankings, dan mendapatkan 75/100 berdasarkan 51 ulasan di Metacritic.
  • 0 Komentar SSX
  • Komentar Facebook
  • Komentar Disqus

Komentar Anda

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

comments powered by Disqus
 
Top